Ingat ‘T CLOCK’ Sebelum Gunakan Sepeda Motor!

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

JAKARTA – Sebelum menggunakan sepeda motor sebaiknya pengendara memastikan dirinya dalam kondisi fisik bugar. Bila tidak, lebih baik tunda perjalanan atau gunakan moda transportasi lain. Di samping fisik bugar, sepeda motor juga harus prima.

Wijaya Kusuma Subroto selaku direktur utama ORD Training Center mengatakan, kondisi kendaraan harus diperiksa, mulai dari ban, fungsi kontrol, bahan bakarnya, dan lain-lain.

“Ada istilah namanya T CLOCK yang bertujuan untuk memastikan kendaraan Anda siap dan aman untuk digunakan,” kata Wijaya di sela pelatihan safety riding bertajuk “Riding Skill for Life” untuk driver ojek yang diadakan DPP Rescue Perindo, di Menteng, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Wijaya menguraikan,

T atau tire (ban) yang harus diperiksa adalah tekanan, kembangan, dan kondisi.

C atau control (fungsi kontrol) yang harus dicek adalah tuas, tombol, dan pedal, harus berfungsi dengan baik.

L atau lamp (lampu dan kelistrikan), bagian yang dicek semua lampu baik depan maupun belakang harus menyala dengan baik. Kunci kontak dan aki sepeda motor juga harus dipastikan berfungsi secara normal.

O atau oli (oli dan bahan bakar) pemilik sepeda motor dituntut untuk selalu mengecek kondisi bahan bakar, oli, dan pastikan tidak ada kebocoran.

C atau chain/drive, shaft, chassis yang harus diperiksa adalah per dan shock breaker kondisinya harus baik dan tidak ada kebocoran. Periksa juga rantai pastikan kondisi baik, tidak tegang atau kendor, dan pelumasan cukup.

K atau kick stand (standar samping dan tengah) periksa dan pastikan fungsinya berjalan dengan baik sehingga tidak merepotkan bila ingin memarkir sepeda motor.

“Intinya bahwa kita harus membiasakan diri badan kita siap dan motor siap untuk beroperasi,” tutup dia.

Sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s